6 Kuliner Khas Maluku yang Terkenal dan Wajib Dicoba

Aditya

6 Kuliner Khas Maluku yang Terkenal dan Wajib Dicoba

Maluku, sering disebut sebagai “Raja Rempeyek”, adalah surga kuliner di Indonesia yang menawarkan berbagai hidangan lezat yang kaya akan rasa dan aroma. Terletak di wilayah timur Indonesia, kepulauan Maluku terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona serta warisan budayanya yang kaya. Namun, salah satu daya tarik terbesar Maluku adalah ragam kuliner khasnya yang unik dan memikat. Dalam artikel ini, mari kita jelajahi beberapa hidangan Kuliner Khas Maluku yang terkenal dan wajib dicoba saat berkunjung ke wilayah ini.

1. Ikan Bakar Maluku

Ikan bakar adalah hidangan khas yang populer di seluruh Indonesia, dan Maluku bukanlah pengecualian. Namun, keunikan rasa ikan bakar Maluku terletak pada rempah-rempah dan bumbu khas Maluku yang digunakan dalam proses memasaknya. Ikan segar, seperti kakap merah atau tuna, dibumbui dengan campuran rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, dan cabai, lalu dipanggang atau dibakar di atas bara api. Hasilnya adalah hidangan ikan yang lezat dengan cita rasa pedas, manis, dan aromatik yang menggoda selera.

2. Papeda

Papeda adalah hidangan khas Maluku yang terbuat dari sagu yang direbus hingga menjadi bubur kental. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah ikan atau daging yang kaya akan rempah-rempah dan santan, serta dilengkapi dengan sayuran seperti kangkung atau daun kemangi. Papeda memiliki tekstur yang kenyal dan khas serta rasa yang lezat dan gurih. Hidangan ini sering dianggap sebagai makanan pokok tradisional di Maluku dan sering disajikan dalam acara-acara istimewa dan perayaan.

Baca Juga:  8 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

3. Sambal Roa

Sambal roa adalah sambal khas Maluku yang terbuat dari ikan roa yang dihaluskan dan dicampur dengan cabai, bawang merah, bawang putih, dan minyak kelapa. Sambal ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan sedikit asin yang sangat cocok sebagai pelengkap makanan utama. Sambal roa sering disajikan dengan ikan bakar, papeda, atau nasi hangat sebagai hidangan pendamping yang lezat.

4. Konro Maluku

Konro adalah hidangan daging sapi khas Maluku yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya dan bervariasi. Potongan daging sapi yang dipotong besar direndam dalam campuran bumbu seperti serai, lengkuas, jahe, bawang merah, dan cabai, lalu direbus atau dipanggang hingga empuk dan beraroma harum. Konro biasanya disajikan dengan nasi putih panas atau papeda serta kuah kental yang kaya akan rasa dan aroma.

5. Bubur Manado

Bubur Manado adalah hidangan bubur khas Maluku yang terbuat dari beras dan santan yang dimasak hingga menjadi bubur kental. Hidangan ini disajikan dengan berbagai pelengkap seperti ikan tongkol, telur, tomat, daun bawang, dan kacang panjang yang diiris tipis. Bubur Manado memiliki rasa yang lezat dan gurih serta tekstur yang kenyal dan khas, membuatnya menjadi pilihan sarapan yang populer di Maluku.

6. Ikan Kuah Kunyit

Ikan kuah kunyit adalah hidangan ikan khas Maluku yang dimasak dengan kuah kunyit yang kaya akan rempah-rempah dan santan. Potongan ikan segar direbus dalam campuran bumbu seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun jeruk, lalu ditambahkan santan untuk memberikan rasa yang gurih dan lezat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih panas dan pelengkap seperti sayuran rebus atau sambal roa.

Baca Juga:  8 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Kesimpulan

Kuliner khas Maluku adalah paduan yang sempurna antara rasa, aroma, dan keunikan budaya yang memikat. Dari ikan bakar hingga papeda, sambal roa hingga konro, hidangan-hidangan ini menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mencicipinya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai hidangan lezat ini saat berkunjung ke Tempat Wisata Maluku, dan nikmati kekayaan rasa dan budaya yang luar biasa dari wilayah ini.

Rekomendasi

Bagikan:

Tags