8 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Aditya

8 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Surabaya, kota metropolitan yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, Indonesia, tidak hanya dikenal karena sejarah dan budayanya yang kaya, tetapi juga karena ragam kuliner lezat yang menggugah selera. Dari hidangan tradisional Jawa hingga makanan laut segar, Surabaya menawarkan berbagai hidangan yang tak terlupakan bagi para pecinta kuliner. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Kuliner Khas Surabaya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota pahlawan ini.

1. Rawon

Rawon adalah salah satu hidangan khas Surabaya yang paling terkenal, terdiri dari sup daging sapi yang berwarna hitam pekat karena menggunakan bumbu kluwek. Daging sapi yang empuk disajikan dengan kuah rawon yang kaya rempah, kemangi, kecambah tauge, dan irisan telur asin. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi pedas untuk menambah cita rasa.

2. Lontong Balap

Lontong Balap adalah hidangan street food yang populer di Surabaya, terdiri dari lontong (nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang), tauge, tahu goreng, lentho (perkedel kacang hijau), dan disiram dengan kuah kental dari bumbu kacang dan kecap manis. Hidangan ini disebut “balap” karena penjualnya sering berlomba-lomba menjual hidangan ini di pasar tradisional.

3. Sate Klopo

Sate Klopo adalah varian sate khas Surabaya yang menggunakan daging sapi, ayam, atau kambing yang ditusuk bersama dengan parutan kelapa yang kemudian dipanggang hingga matang. Selain memberikan aroma yang harum, kelapa juga menambah kelezatan daging sate. Hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang khas, irisan bawang merah, dan irisan cabai rawit untuk menambah rasa pedas.

Baca Juga:  6 Kuliner Khas Maluku yang Terkenal dan Wajib Dicoba

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan salad buah khas Surabaya yang terdiri dari irisan mentimun, bengkuang, mangga muda, dan nanas yang dicampur dengan tauge, tahu goreng, dan cingur (bagian hidung sapi yang dimasak). Semua bahan disiram dengan bumbu rujak kacang pedas yang segar dan nikmat. Rujak Cingur adalah kombinasi yang unik dari cita rasa manis, pedas, asam, dan gurih.

5. Tahu Tek-Tek

Tahu Tek-Tek adalah camilan khas Surabaya yang terbuat dari tahu goreng yang digeprek dan kemudian disiram dengan bumbu kacang pedas yang kental dan saus kecap manis. Hidangan ini kemudian ditaburi dengan bawang goreng, daun seledri, dan kerupuk untuk menambah tekstur dan rasa. Tahu Tek-Tek sering dijual di gerobak keliling di sepanjang jalan-jalan kota Surabaya.

6. Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan adalah versi soto ayam khas Lamongan yang sangat populer di Surabaya. Hidangan ini terdiri dari sup kaldu ayam yang kaya rasa, daging ayam suwir, lontong, telur rebus, tauge, dan daun seledri. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal, jeruk nipis, dan kerupuk sebagai pelengkap.

7. Pecel Lele

Pecel Lele adalah hidangan lele goreng yang disajikan dengan sambal kacang pedas dan lalapan sayuran segar seperti kubis, mentimun, dan kangkung. Lele yang digoreng renyah dan gurih cocok dipadukan dengan bumbu kacang yang kaya rasa. Hidangan ini sering disajikan dengan nasi putih hangat sebagai pelengkap.

Baca Juga:  6 Kuliner Khas Maluku yang Terkenal dan Wajib Dicoba

8. Nasi Goreng Kambing

Nasi Goreng Kambing adalah hidangan nasi goreng yang terbuat dari nasi yang digoreng bersama dengan daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan bumbu rempah yang kaya. Hidangan ini sering disajikan dengan telur mata sapi di atasnya dan irisan mentimun serta tomat di sampingnya sebagai pelengkap.

Kesimpulan

Surabaya adalah surga bagi para pecinta kuliner dengan berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Dari hidangan tradisional Jawa hingga makanan laut segar, kota pahlawan ini menawarkan ragam kuliner yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai Makanan Khas Jawa Timur yang menggoda selera saat Anda berkunjung ke kota ini!

Rekomendasi

Bagikan:

Tags