Awas! 7 Penyebab Makeup Mudah Luntur yang Sering Diabaikan

Aditya

Penyebab Makeup Mudah Luntur

Temukan berbagai penyebab makeup mudah luntur yang sering diabaikan, dan dapatkan tips untuk mengatasinya agar tampilan Anda tetap sempurna sepanjang hari.

Makeup yang sempurna dapat meningkatkan rasa percaya diri dan penampilan seseorang. Namun, tidak jarang makeup yang sudah diaplikasikan dengan hati-hati tiba-tiba luntur dan mengurangi kesempurnaan tampilan.

Masalah ini sering dialami oleh banyak orang dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan 7 hal yang ternyata menjadi penyebab makeup mudah luntur.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga makeup tetap awet sepanjang hari.

1. Mengabaikan Penggunaan Pelembap

Salah satu kunci utama untuk mendapatkan tampilan makeup yang sempurna adalah memastikan bahwa kulit dalam kondisi yang sehat dan terhidrasi. Saat pelembap tidak digunakan, kulit akan cenderung menjadi kering.

Keadaan ini memaksa kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasi, yang pada akhirnya dapat membuat makeup menjadi mudah luntur dan tidak tahan lama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memulai rutinitas makeup dengan mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda, untuk memastikan bahwa kulit mendapatkan hidrasi yang cukup dan siap untuk aplikasi makeup selanjutnya.

2. Melewatkan Penggunaan Primer

Melewatkan Penggunaan Primer
Foto: Envato Elements/Shotprime

Primer mungkin terdengar sebagai langkah tambahan yang tidak perlu, tetapi sebenarnya memiliki peran vital dalam proses makeup.

Primer tidak hanya untuk mereka yang memiliki kulit berminyak, tetapi juga sangat bermanfaat bagi yang memiliki kulit kering atau normal. Fungsi utama primer adalah mempersiapkan kulit sehingga lebih siap menerima makeup.

Baca Juga:  10 Tips untuk Tampil Cantik Secara Alami di Muka Umum

Dengan menggunakan primer, makeup dapat menempel dengan lebih baik dan tampilan akhir menjadi lebih halus serta tahan lama. Ini adalah langkah yang tidak boleh dilewatkan jika Anda menginginkan tampilan makeup yang rapi dan bertahan sepanjang hari.

3. Tidak Menggunakan Bedak

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan sering kali melewatkan penggunaan bedak, mungkin inilah saatnya untuk mengubah rutinitas tersebut.

Bedak memiliki peran penting tidak hanya dalam menutupi kekurangan pada wajah, tetapi juga sebagai penyempurna yang mengunci makeup agar tidak mudah luntur.

Bedak, khususnya bedak tabur atau translucent powder, lebih ringan dan efektif dalam menyerap kelebihan minyak tanpa membuat makeup terlihat berat atau cakey.

Penggunaan bedak setelah fondasi dan concealer akan membantu mengunci semua produk tersebut agar tetap pada tempatnya dan mengurangi kilap yang tidak diinginkan.

4. Menggunakan Formula yang Salah

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak memperhatikan label pada produk makeup yang digunakan.

Label ini bukan hanya sekadar informasi tambahan; mereka memiliki peran krusial dalam menentukan seberapa baik produk tersebut akan bekerja dengan jenis kulit Anda.

Misalnya, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sangat disarankan untuk memilih produk dengan label ‘oil-free’ dan ‘non-comedogenic’.

Produk dengan label seperti ini dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga membantu menjaga makeup agar tetap tahan lama dan tidak membuat wajah menjadi semakin berminyak.

Baca Juga:  Tips Makeup untuk Tampil Cantik dengan Efektif

Mengabaikan informasi ini bisa berakibat pada pemilihan produk yang tidak hanya tidak efektif, tetapi juga dapat memperburuk kondisi kulit.

Selalu luangkan waktu untuk membaca label dan memahami apa arti dari istilah yang digunakan. Hal ini akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat dan memaksimalkan hasil dari makeup Anda.

5. Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Dalam upaya menciptakan tampilan wajah yang mulus dan tanpa noda, tidak jarang seseorang justru mengaplikasikan terlalu banyak produk, seperti foundation dan concealer.

Meskipun niatnya adalah untuk menutupi kekurangan pada wajah, aplikasi berlebih ini seringkali berakhir tidak efektif.

Lapisan makeup yang terlalu tebal dapat membuat wajah terasa berat, meningkatkan produksi minyak, dan ironisnya, membuat makeup lebih mudah luntur atau retak.

Untuk menghindari hal ini, penting untuk menggunakan setiap produk secara bertahap dan secukupnya. Mulailah dengan lapisan tipis dan tambahkan secara perlahan hanya pada area yang memang membutuhkan cakupan ekstra.

Teknik ini tidak hanya akan membantu makeup Anda tahan lebih lama, tetapi juga menciptakan tampilan yang lebih alami dan ringan. Selalu ingat bahwa dalam makeup, kurang seringkali lebih.

6. Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan Menyentuh Wajah
Foto: Envato Elements/Way Home Studioo

Seringkali tanpa sadar, kita memegang atau menyentuh wajah kita sepanjang hari. Kebiasaan ini tampaknya sepele, tetapi sebenarnya bisa berdampak besar pada kesehatan kulit dan ketahanan makeup.

Tangan kita yang mungkin tidak selalu bersih dapat mengandung kuman, minyak, dan kotoran. Saat kita menyentuh wajah, kontaminan ini bisa berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan berbagai masalah, seperti jerawat dan iritasi.

Baca Juga:  8 Cara Alami Mendapatkan Kulit Cerah dan Sehat

Selain itu, minyak dan kotoran dari tangan juga dapat membuat makeup menjadi mudah luntur atau berantakan. Untuk menghindari masalah ini, penting untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah.

Jaga kebersihan tangan jika perlu menyentuh wajah, misalnya saat melakukan perawatan kulit atau mengaplikasikan makeup. Selalu cuci tangan sebelum mengaplikasikan produk ke wajah dan sebisa mungkin hindari menyentuh wajah selama hari berlangsung.

7. Penggunaan Makeup yang Kurang Berkualitas

Kualitas produk makeup yang kita gunakan juga berpengaruh besar terhadap hasil akhir dan ketahanan makeup di wajah.

Produk yang berkualitas biasanya memiliki formulasi yang lebih baik untuk bertahan lama di kulit, memberikan hasil yang optimal tanpa mudah luntur atau menghilang selama beberapa jam pemakaian.

Sedangkan produk yang kurang berkualitas seringkali tidak memberikan cakupan yang baik atau cepat hilang, sehingga memerlukan aplikasi ulang yang berlebihan.

Mengetahui penyebab makeup mudah luntur adalah langkah pertama untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan memahami 7 faktor yang telah kami bahas, Anda dapat melakukan penyesuaian dalam rutinitas makeup dan perawatan kulit Anda agar hasil riasan tetap tahan lama.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjaga penampilan tetap sempurna sepanjang hari. Selamat mencoba tips-tips yang telah dibagikan dan tampil lebih percaya diri dengan makeup yang awet dan menawan!

Rekomendasi

Bagikan:

Tags